Kukuhkan Tagana, Husler : Bekerjalah Dengan Semangat dan Ikhlas

By Redaksi 05 Des 2018, 10:24:57 WITADaerah

 Kukuhkan Tagana, Husler : Bekerjalah Dengan Semangat dan Ikhlas

Lutimterkini- Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, mengukuhkan Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (FK-Tagana) Kabupaten Luwu Timur Periode Tahun 2018 - 2021, di Gedung Wanita Simpurusiang, Malili (04/12/2018), yang turut dihadiri Perwira Penghubung Lutim, Mayor Inf. Suparman, Kapolsek Malili, AKP Abd. Nur Adnan, Kadis Sosial Kab. Luwu Timur, Drs. Sukarti beserta OPD terkait.

 

Kepala Dinas Sosial, Sukarti, dihadapan Bupati dan tamu undangan melaporkan bahwa, maksud dan tujuan FK-Tagana Kabupaten Luwu Timur ini dibentuk sebagai wadah koordinasi dan pemberdayaan yang bertugas mengkoordinir perencanaan, pengorganisasian dan pengendali. Kegiatan Tagana Kab. Luwu Timur ini dalam rangka kesiapsiagaan bencana, tanggap darurat dan pemulihan sosial sebagai akibat dampak bencana.

 

FK Tagana Kabupaten Luwu Timur merupakan mitra Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Luwu Timur dalam upaya penanggulangan bencana di Daerah Luwu Timur.

 

"Untuk diketahui bersama bahwa Tagana telah terbentuk di Kabupaten Luwu Timur sejak Tahun 2009 dan saat ini telah memiliki tiga angkatan dengan jumlah keseluruhan personel sebanyak 67 Orang, Tagana merupakan relawan berasal dari masyarakat dan mereka disebar di setiap Kecamatan untuk siaga dan tanggap dalam memberikan pertolongan mana kala ada bencana alam," ujar Sukarti.

 

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler dalam sambutannya mengatakan, pengabdian dan karya kemanusiaan yang dilakukan FK-Tagana Kabupaten Luwu Timur selama ini sudah selayaknya mendapat apresiasi serta dukungan dari Pemerintah maupun masyarakat.

 

"Oleh karena itu, saya sampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh anggota Tagana yang selama ini menjadi mitra Pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan dalam berbagai kegiatan tanggap bencana maupun kegiatan pasca bencana,” ujar Bupati saat menyampaikan sambutan usai melantik.

 

FK-Tagana merupakan relawan penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang sudah teruji profesionalitasnya dan berdedikasi tinggi. Dengan begitu, dia berharap kepengurusan FK-Tagana masa bakti 2018-2021 yang baru terbentuk yang di ketuai Awaluddin, agar meningkatkan fungsi koordinatif dalam berbagai kegiatan kebencanaan, baik pra hingga pasca bencana, serta terus menguatkan daya tanggap dan komitmennya untuk pengabdian pada masyarakat. 

 

"Semangat bertugas dengan jiwa yang ikhlas, berkreativitas dan senantiasa meningkatkan kapasitas diberbagai lini kecakapan serta meningkatkan kemahiran secara profesional,” pintanya.

 

Lebih lanjut Husler mengapresiasi kinerja Tagana Luwu Timur, bahkan Kementrian Sosial dan Pemprov Sulteng juga sudah mengakuinya, Tagana Luwu Timur sudah berbuat nyata untuk masyarakat yang tertimpa bencana di daerah Palu dan Donggala.

 

"Ruh Tagana adalah relawan dan jangan bekerja karena sesuatu atau karena honor, bekerjalah membantu kepada sesama dengan semangat, ikhlas, kedepankan komunikasi, tingkatkan sinergi, kolaborasi, bekerjasama dengan seluruh stakholder. Mudah-mudahan dengan demikian akan membawa kebaikan, dan kemajuan Luwu Timur," tutup Husler.

 

Usai melantik dan mengukuhkan pengurus baru FK-Tagana, Husler juga menyerahkan sertifikat penghargaan secara simbolis kepada Tagana yang telah melaksanakan tugas sosial di Palu dan Donggala. (LT/hms/ikp/kominfo)

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter