5 Legislator Lutim Ini Disebut-Sebut Layak Mendampingi Husler di Pilkada 2020

By Redaksi 04 Jul 2019, 18:34:27 WITApilkada lutim

5 Legislator Lutim Ini Disebut-Sebut Layak Mendampingi Husler di Pilkada 2020

Malili, Lutimterkini- Sejumlah figur terus bermunculan meramaikan kontestasi pemilihan kepala daerah (pilkada) Luwu Timur tahun 2020 mendatang. Nama-nama figur ini diwacanakan elemen warga baik melalui media sosial maupun dalam beberapa pertemuan dan kegiatan tertentu.

 

Figur-figur yang mulai meramaikan bursa kandidat bupati dan wakil bupati Luwu Timur berasal dari berbagai latar belakang, semisal birokrat, pengusaha dan para politisi (khususnya) ketua partai politik hingga anggota anggota DPRD Luwu Timur.

 

“ Popularitas dan elektabilitas Muhammad Thorig Husler (MTH) terbilang masih sangat tinggi. Apalagi statusnya sebagai petahana. Hanya saja perlu pendamping yang tepat seperti Irwan Bachri Syam yang menjadi wakilnya saat ini. Saya kira jika keduanya kembali berpasangan, maka berpeluang besar melanjutkan periode kepemerintahannya di Bumi Batara Guru,” sebut Sutrsino, warga kecamatan Tomoni kepada Lutimterkini.com, Kamis (04/07/2019).

 

Lantas bagaimana jika Husler- Irwan harus berhadap-hadapan dalam pilkada nanti ?

“ Tentu saja pertarungan akan semakin seru jika keduanya sama-sama nyalon. Tinggal  figur pendamping dari keduanya akan menjadi salah satu faktor penentu dalam meraup dukungan riil dari pemilih,” sahut Muhammad Jafar, warga Malili.

 

Keduanya mengakui masih menjagokan Muhammad Thorig Husler (MTH) untuk menakhodai Luwu Timur dalam pesta demokrasi pilkada 2020 mendatang. “ Kalaupun Husler- Irwan pecah kongsi, banyak figur alternatif yang bisa dijadikan pasangan seperti Andi Fauziah Pujiwatie Hatta, Budiman, Majid Tahir, Nur Husain Andi Baso Makmur, Prof. Mansjur Natsir dan sejumlah tokoh Luwu Timur lainnya serta para legislator senior di DPRD Luwu Timur.

 

Terkhusus untuk figur kandidat yang berlatar belakang legislator di DPRD Luwu Timur, seperti yang dipantau Lutimterkini.com dari jejaring media sosial terdapat 5 nama yang kerap disebut netizen. Mereka antara lain :

 

1.    Amran Syam. Sebagai ketua DPRD Lutim Periode 2014-2019 dinilai layak mendampingi Husler dengan pengalamannya selama berkiprah di parlemen. Sebelum berkiprah di dunia politik, Amran dikenal sebagai karateka nasional yang pernah menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di Sea Games Manila. Dari sini, dia kemudian melirik panggung politik dan berlabuh di partai Golkar. Kerja keras dan loyalitas " Abang " sapaan akrab Amran berbuah manis dengan mendapat kepercayaan masyarakat di kecamatan Nuha, Towuti dan Wasuponda sekaligus mengantarkannya sebagai anggota DPRD Luwu Timur.

 

2. Muh. Siddik, BM. politisi partai Nasdem saat ini menyandang Wakil Ketua I DPRD Luwu Timur. Sepak terjang Siddik diawali sebagai kepala desa Laskap selepas mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Unhas. Bekas aktivis mahasiswa ini dikenal vokal dalam menyuarakan aspirasi rakyat, khususnya di daerah pemilihan Malili-Angkona. Sebelum bergabung di Nasdem, Siddik pertama kali meniti karir di partai PDK besutan Ryas Rasyid. Melalui PDK dia mendapat amanah dari rakyat mengawal aspirasi di parlemen Luwu Timur. Siddik termasuk salah satu legilsator senior yang telah berkiprah selama 4 periode. Selain wakil ketua DPRD, jabatan Siddik di partai Nasdem saat ini adalah ketua Bappilu. Oleh sejumlah kalangan, Siddik dijagokan bertarung di pilkada Luwu Timur sekaligus mewakili aspirasi putra daerah.

 

3. Aris Situmorang. figur yang satu ini adalah kader partai Gerindra. Kiprahnya di partai dinlai mampu membawa Gerindra di Luwu Timur  terbang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan raihan suara Aris sebagai caleg di Mangkutana Raya pada pemilu 2014 lalu, sebagai peraih suara terbanyak dengan 3.286 suara. Aris dikenal memiliki jaringan dan basis massa hingga ke grass root dan mengantarkannya sebagai Wakil Ketua DPRD Luwu Timur periode 2014-2019. Saat ini Aris Situmorang juga menyandang ketua DPC partai Gerindra Luwu Timur.

 

4. Usman Sadik. Politisi yang satu ini mengawali langkah politiknya melalui partai Golkar pada pemilu 2009. Dukungan massa yang cukup signifikan dalam pilcaleg itu, mengantarkan Usman melenggang ke parlemen Luwu Timur. Kiprah politik Usman Sadik makin kinclong setelah memilih berlabuh di Partai Amanat Nasional (PAN). Tak sekadar berlabuh, dirinya juga menakhodai partai besutan Amin Rais ini di Luwu Timur. Bersatus ketua DPD PAN, Usman kemudian membidik target yang lebih tinggi, mendongkrak suara PAN di pemilu 2019. Kerja keras dan tak kenal lelah,  berbuah hasil. PAN kemudian meraih suara terbanyak ketiga di Luwu Timur sekaligus mengantarkan PAN merebut kursi unsur pimpinan di DPRD Luwu Timur periode 2019- 2024.

 

5. Sarkawi A. Hamid. Figur yang satu ini juga digadang-gadang layak dicalonkan menjadi kandidat bupati/ wakil bupati Luwu Timur di pilkada 2020 mendatang. Sarkawi adalah jebolan pesantren yang memulai karir politiknya di partai Golkar. Sebagai pengurus inti di partai Beringin yang kala itu dipimpin mendiang Andi Hasan Opu To Hatta, mengantarkan Sarkawi lolos di parlemen Luwu Utara untuk pertama kalinya  tahun 1999. Setelah pemekaran kabupaten, putra Burau ini juga ikut hijrah ke Luwu Timur dan  mengikuti Pilcaleg pada tahun 2004 di Luwu Timur. Dedikasi dan loyalitasnya tak diragukan lagi. Terbukti, warga di dapil Wotu-Burau memberinya kepercayaan merengkuh kursi di parlemen Luwu Timur. Tahun 2014, Sarkawi memutuskan berpaling ke partai Gerindra. Hijrahnya Sarkawi pada saat itu membuat sejumlah kalangan memprediksi jika dirinya sulit menembus parlemen. namun keraguan itu dijawabnya dengan raihan suara yang cukup signifikan sekaligus mengamankan satu kursi di DPRD Luwu Timur. Sarkawi A. Hamid juga pernah menyandang ketua DPRD Luwu Timur  Di pemilu 2019 lalu, ketua komisi I DPRD Luwu Timur ini kembali terpilih untuk periode kelimanya. (LT/ACS).

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter