BATIK KHAS TANA LUWU DIHARAPKAN MAKIN EKSIS

By Redaksi 02 Okt 2015, 19:24:34 WITASeni & Budaya

BATIK KHAS TANA LUWU DIHARAPKAN MAKIN EKSIS

Malili, Lutimterkinicom- Tepat pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu, Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (Unesco) secara resmi mengakui Batik Indonesia sebagai warisan dunia. Pengakuan ini sekaligus merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. Di tahun ke-7 tahun 2015 ini, Batik makin eksis. Beragam corak tradisional dengan paduan aneka warna membuat Batik makin meriah. Aneka corak Batik Indonesia dari  pulau Jawa, juga telah menginspirasi daerah lainnya seperti di Tana Luwu.

 “ Tujuh tahun sudah saya bikin Batik untuk Tana Luwu.  Mempelopori dan mengagas motif dengan kultur dan  budaya lokal pada empat daerah otonom di Tana Luwu.   Orang lain mungkin  tak pernah membayangkan bisa ada Batik dengen motif Tana Luwu,” kata Musly Anwar, salah seorang seniman yang mendesain motif Batik di Tana Luwu kepada Lutimterkinicom, Jumat (02/10/2015) hari ini. Dia menuturkan motif Batik yang dibuatnya diawali dengan penelitihan ragam hias,ikat dan motif. Selanjutnya diramu menjadi Batik khas di empat Kabupaten/ kota di di Tana Luwu.

“ Saya tak pernah berharap Tana Luwu akan memberi penghargaan terhadap karya Batik yang saya ciptakan. Hasil karya selama ini saya wakafkan untuk Bumi kelahiran saya  Tana Luwu , sebab Saya bangga menjadi Wija To Luwu.  Selamat hari Batik Nasional,” tutupnya.    

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter