Bupati Husler : Kampung KB Dorong Peningkatan Keluarga Berkualitas

By Redaksi 09 Nov 2018, 09:03:28 WITAKesehatan

Bupati Husler : Kampung KB Dorong Peningkatan Keluarga Berkualitas

Lutimterkini- Pencanangan kampung Keluarga Berancana (KB) di  Wilayah Kabupaten Luwu Timur terus berlanjut. Kali ini pencanangan kampung KB yang ke tiga yaitu Dusun Petana, Desa Koroncia Kecamatan Mangkutana, oleh Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Puspawati Husler, Selasa (06/11/2018).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Drs. Rapiuddin dan Camat Mangkutana, Awaluddin.

Kepala Desa Koroncia, Anri Pendiangan mengatakan bahwa, di Desa Koroncia ini terdapat lebih dari 214 KK, terdapat 60 pasangan usia subur, yang masih belum melaksanakan KB.

"Pencanangan kampung KB di Desa Koroncia ini diharapkan menjadi motivasi semua elemen untuk bersama-sama menjadikan Desa atau kampung menjadi keluarga yang lebih sejahtera di kemudian hari melalui program KB dan program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera," tutupnya.

Sementara Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler dalam sambutannya mengatakan, kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan, baik itu program KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh di lapangan. Menurutnya, sasaran kampung KB ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas keluarga.

"Kampung KB merupakan salah satu bentuk atau model miniature pelaksanaan total program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang secara utuh melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah," terangnya.

Kampung KB, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB.

"Itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera. Sehingga Program ini menjadi urgen dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu," lanjut Bupati.

Pencanagan kampung KB tingkat Kecamatan di Kabupaten Luwu Timur 2018 ditandai dengan pemukulan gendang.

Setelah dilakukan pencanangan kampung KB juga dilakukan uji fungsi dan serah terima program pamsimas (penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat) II 2015 di Desa Koroncia Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. (LT/Humas/ACS).

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter