Di Musrenbang Kecamatan, Ketua Komisi l Paparkan Solusi Kurangi Angka Kemiskinan di Lutim

By Redaksi 12 Feb 2019, 19:54:51 WITAEkonomi

Di Musrenbang Kecamatan, Ketua Komisi l Paparkan Solusi Kurangi Angka Kemiskinan di Lutim

Burau, Lutimterkini- Indeks pembanguan manusia (IPM) Luwu Timur tahun 207 yang berada di peringkat ke-4 tingkat Propinsi Sulawesi-Selatan, menjadi salah satu topik utama yang diangkat dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrengbang) tingkat kecamatan.  Selain itu, angka kemiskinan Luwu Timur 7,23 % juga menjadi issu hangat yang dipaparkan sejumlah legislator saat temu Musrengbang di kecamatan Burau, Selasa (12/02/2019).

 

Seperti yang dikemukakan ketua komisi l DPRD Luwu Timur, Sarkawi A. Hamid, tentang solusi mengurangi angka kemiskinan di Luwu Timur. " Capaian IPM di peringkat keempat tingkat Propinsi Sulsel seyoginya kita apresiasi. Saat ini kita tengah mempersiapkan sejumlah program strategis di tahun 2020 mendatang yang merupakan tahun ke-4 pemerintahan Husler-Irwan, sekaligus mengurangi angka kemiskinan," tukas Sarkawi yang juga legisator partai Gerindra.

 

Dia melanjutkan, upaya pengurangan angka kemiskinan salah satunya dengan mengarahkan pembangunan pada sektor riil. " Sektor riil harus dipacu untuk menekan angka kemiskinan mencakup ekomi mikro dan makri masyarakat, penguatan ekonomi masyarakat serta perbaikan jalur produksi barang dan jasa," imbuh Sarkawi.

 

" Saya kira angka kemiskinan kita (Luwu Timur) pada tahun 2017 sebesar 7,23 % masih memungkinkan ditekan minimal pada kisaran 7 persen hingga 6 persen hingga akhir periode pemerintahan Husler-Irwan yang diamanatkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD)," bebernya.

 

Solusi lainnya yang ditawarkan mantan ketua DPRD Luwu Timur ini adalah pemerataan pembangunan di setiap desa berdasarkan rencana usulan prioritas mengacu pada perencanaan pembangunan sesuai dengan visi misi kepala daerah. (LT/ACS).  

 

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter