Fluktuasi Harga Gabah, Bupati Husler Instruksikan Pembentukan Tim Pengawas Pasca Panen

By Redaksi 18 Okt 2019, 02:58:51 WITADaerah

Fluktuasi Harga Gabah, Bupati Husler Instruksikan Pembentukan Tim Pengawas Pasca Panen

Malili, Lutimterkini- Pemerintah kabupaten Luwu Timur bertekad  mempertahankan harga gabah agar tidak anjlok. Turunnya harga gabah menyebabkan petani mengalami kerugian lantaran permainan oleh oknum spekulan dan para tengkulak. Olehnya itu, Bupati Luwu Timur menginstruksikan kepada dinas pertanian untuk memaksimalkan pengawasan kegiatan menghadapi musim panen tahun ini. Solusinya adalah pembentukan tim pengawas pasca panen.

  Saya tidak mau harga gabah dimainkan oleh para oknum spekulan dan tengkulak saat musim poanen tiba. Pengalaman tahun sebelumnya (setiap musim panen) harga gabah berbeda di suatu daerah dengan daerah lainnya, Harus ada keseragaman harga agar petani kita tidak meugi,” pinta Husler saat bertindak selaku inspektur upacara Hari Kesadran Nasional (HKN) di halaman kantor bupati Luwu Timur, Kamis (17/10/2019).

Untuk menjaga anjloknya harga gabah ini, orang nomor satu di Bumi Batara Guru itu memnta dinas pertanian segera mengadakan pertemuan bersama Gapoktan, para pengusaha serta melibatkan Koramil dalam pengawasan. “ Petani kita mengalami kerugian dengan turunnya harga gabah. Belum lagi dengan prose penimbangan yang dimanfaatkan oknum tertentu untuk berbuat curang. Makanya saya meminta agar pengawasan lebih diperketat dengan melibatkan lintas sektror,” tegas Husler.

Dia meminta agar kegiatan penimbangan gabh tidak lagi dilakukan pada malam hari. “ Biasanya penimbangan pada malam hari menjadi waktu bagi oknum-oknum terrentu meraup keuntungan dengan jalan curang. Ke depan, kegiatan penimbangan tidak boleh lewat dari pukul 18.00 sore,” imbuhnya. (LT/ACS).

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter