Gugatan Demokrat ke MK : Meminta PSU di Seluruh TPS Dapil 2 Luwu Timur

By Redaksi 11 Jun 2019, 13:58:34 WITAPolitik

Gugatan Demokrat ke MK : Meminta PSU di Seluruh TPS Dapil 2  Luwu Timur

Malili, Lutimterkini-  Partai Demokrat mengajukan gugatan hasil pemilihan umum legislatif (Pileg) 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan ini dilayangkan partai berlambang  Mercy ini  di 23 Propinsi yang dianggap bermasalah, termasuk di Luwu Timur, Sulawesi-Selatan.

 

Surat  permohonan gugatan  partai Demokrat ditandatangani i ketua umumnya, Susilo Bambang Yudhoyono bersama sekretaris Jenderal, Hinca IP Panjaidtan tertanggal 31 Mei 2019. Dalam surat ini ketua umum dan Sekjen partai Demokrat juga menunjuk 17 pengacara untuk mengawal gugatan partai Demokrat di persidangan MK.

 

Untuk kabupaten Luwu Timur, Demokrat menggugat hasil pemilihan umum (Pileg) di dapil 2  Luwu Timur meliputi kecamatan Wotu dan Burau.  Persandingan peolehan suara partai politik untuk pengisian keanggotaan DPRD kabupaten Luwu Timur Propinsi Sulawesi Selatan atas nama Syahruddin, dapil 2 nomor urut 1.

 

Adapun alasan partai Demokrat selaku pemohon mengajukan gugatan karena ketidakterbukaan pihak penyelenggara untuk memperlihatkan C1 yang dimiliki oleh para saksi dari masing-masing partai, bahwa termohon (KPU) tidak memberikan C7 kepada calon pemilih yang hadir di seluruh TPS di kabupaten Luwu Timur, serta di beberapa TPS ada anak kecil yang belum memiliki hak pilih namun ikut mencoblos.

 

Berdasarkan alasan-alasan tersebut, partai Demokrat memohon kepada MK untuk mengadili termohon dan memutuskan mengabulkan permohonan termohon untuk seluruhnya. Selain itu partai Demokrat juga meminta MK untuk memerintahkan Pemungutan suara ulang (PSU) di selruh TPS di dapil 2 kabupaten Luwu Timur.

 

dikonfirmasi terpisah, ketua KPU Luwu Timur Zainal mengungkapkan menghargai langkah yang ditempuh oleh partai Demokrat menggugat hasil Pileg. " Kami selaku penyelenggara tentu siap saja dengan gugatan (partai Demokrat) itu karena memang itu sudah diatur dalam perundang-undangan. KPU akan siapkan semuanya , mulai jawabannya, alat buktinya, termasuk saksi-saksi yang kemungkinan akan dihadirkan," tandas Zainal. (LT/ACS).

 

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter