Inovasi “ Galaksi Pandu Ibu Hamil Risti “ Antar Bidan Sukma Raih Penghargaan

By Redaksi 18 Okt 2019, 13:54:32 WITAKesehatan

Inovasi “ Galaksi Pandu Ibu Hamil Risti “ Antar Bidan Sukma Raih Penghargaan

Malili, Lutimterkini- Bupati Luwu Timur memberikan penghargaan kepada 10 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup pemkab Luwu Timur  lantaran dinilai inovastif dalam kompetensi pelayanan public. Penghargaan kepada ASN inovatif ini diberikan dalam upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN), Kamis (17/10/2019) kemarin di halaman kantor bupati Luwu Timur, kawasan Puncak Indah Malili.

Salah satu ASN yang menerima penghargaan adalah Sukmawati. Wanita yang berprofesi sebagai bidan dan bekerja di Puskesmas Malili ini, menelurkan program yang diberi label “ Galaksi Pandu Ibu Hamil Risti “. Seperti apa program inovasi ini ?  berikut gambaran singkatnya.

Ditemui Lutimterkini.com di Puskesmas Malili, Jumat (18/10/2019) Sukma demikian bidan ini disapa menuturkan, bahwa Galaksi Pandu Ibu Hamil Risti merupakan akronim dari Gerakan Antisipasi Komplikasi Kehamilan Dengan USG ANC Dini Mewujudkan Pelayanan ANC Standartd Terpadu. ANC sendiri adalah Ante Natal Care atau perawatan sebelum masa kelahiran.

Latar belakang dan tujuan dari inovasi ini lanjutnya, sesuai analisis pencapaian komplikasi obstertik (kehamilan) program KIA Puskesmas Malili pada tahun 2018. Proyeksi ibu hamil sebanyak 471 orang dan yang mengalami komplikasi obstertik ditargetkan 78 orang. Namun dalam pencatatan dan pelaporan  terdapat 89 orang mengalami komplikasi obstetrik, sekaligus menunjukkan tingginya angka komplikasi obstetrik  di wilayah kerja puskesmas Malili

Galaksi Pandu Ibu Hamil selaras dengan pelayanan kebidanan yang merupakan salah satu bentuk pelayanan professional. “ Inovasi ini merupakan bagian integral dari system pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bidan secara mandiri, kolaborasi dan atau rujukan. Sementara asuhan kebidanan yang dilaksnakan adalah rangkaian kegiatan yang didasarkan pada proses pengambilan keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh bidan sesuai dengan wewenang dan ruang lingkup praktiknya,” beber Sukma.

Inovasi Galaksi Pandu Ibu Hamil Risti diharapkan dapat memberikan pelayanan sesegera mungkin  kepada ibu hamil yang berisiko tinggi , meningkatkan mutu pelayanan kebidanan dengan indikator capaian komplikasi obstetrik menurun, serta bisa mengurangi biaya transportasi ibu hamil ke rumah sakit.

Dia mengatakan, dalam upaya menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) salah satunya dilihat dari capaian komplikasi obstetrik, selain memberikan pelayanan ante natal care (ANC) standart terpadu juga dikolaborasi dengan inovasi pelayanan plus dan melibatkan salah satu bidan praktik mandiri yang memiliki fasilitas USG.

“ Ini adalah inovasi kebaruan yang berlandaskan hati nurani innovator dalam memberikan pelayanan gratis kepada ibu hamil risiko tinggi, yang membutuhkan pelayanan USG ANC, utamanya berfokus pada ibu hamil risiko tinggi dari keluarga kurang mampu,” imbuhnya.

Saat ini program inovasi Galaksi Pandu Ibu Hamil Risti baru diterapkan di 7 desa wilayah kerja Puskesmas Malili mengingat keterbatasan waktu dan SDM bidan yang bisa menggunakan atau mengoperasikan alat USG.  (LT/ACS).

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter