Inovasi PKM Kalaena Membuat " Lorong Sehat Percontohan" Berbasis Pendekatan Keluarga

By Redaksi 09 Okt 2019, 09:38:07 WITAKesehatan

Inovasi PKM Kalaena Membuat " Lorong Sehat Percontohan" Berbasis Pendekatan Keluarga

Kalaena, Lutimterkini- Dalam upaya mendorong meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) masyarakat Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur (Lutim), maka Puskesmas bekerjasama dengan Pemerintah Desa membuat lorong sehat percontohan di Dusun Lembo Harapan, Desa Pertasi Kencana, Kecamatan Kalaena.

Penentuan Lorong Sehat ini didasarkan atas hasil Pogram Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), dan Pemantauan yang dilakukan oleh Puskesmas Kalaena. Dimana dari hasil PIS-PK ini ditemukan masih kurang perilaku hidup sehat masyarakat pada lorong yang akan dijadikan lorong sehat.

"Dari hasil pemantauan selama ini, kami menemukan perilaku masyarakat hidup bersih dan sehat belum diterapkan dengan baik, dimana pekarangan rumah masih dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah, tidak adanya SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah) rumah tangga, bahkan ada rumah tangga yang tidak memiliki Jamban Sehat," sebut Sang Ayu Made Rahu, Pj. UKM Puskesmas Kalaena.

Kepala Desa Pertasi Kencana, Sammang menyambut baik usulan Pembuatan Lorong Desa Sehat dengan  menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan seperti jamban bagi rumah tangga yang belum punya, normalisasi SPAL rumah tangga, pembuatan dan penyediaan tempat sampah bagi masyarakat, serta mengubah tempat -tempat pembuangan sampah menjadi TOGA dan menanam beberapa tumbuhan obat traditional.

"Sebagai Pemerintah desa, saya bersyukur dengan adanya lorong sehat, ini memberikan dampak kepada masyarakat Desa Pertasi Kencana. Dengan adanya lorong sehat ini, dimana perilaku masyarakat yang berada di lorong sehat mulai berubah terutama kebiasaan membuang sampah pada tempat yang disediakan, bahkan beberapa lorong yang lain mulai meminta juga untuk dibenahi," kata Kades Pertasi Kencana, Selasa (08/10/2019).

Sementara Kepala Puskesmas Kalaena, drg. Ernawati menjelaskan bahwa  pihaknya akan terus melaksanakan tanggung jawabnya kepada masyarakat untuk menjadi Kabupaten Luwu Timur Terkemuka dalam Bidang Kesehatan khusus di Kecamatan Kalaena.

"Tugas kami adalah memberikan motivasi dan mendampingi semua Kepala Desa, Bidan Desa dan kader-kader semoga semua lorong yang ada di tujuh Desa di Kecamatan Kalaena bisa menjadi lorong sehat demi terwujudnya kecamatan sehat," tutup Ernawati. (LT/ACS). 

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter