KPU Lutim Gelar Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019

By Redaksi 08 Agu 2019, 11:11:28 WITApilkada lutim

KPU Lutim Gelar Evaluasi Fasilitasi  Kampanye Pemilu 2019

Malili, Lutimterkini- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur menggelar Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 bertempat di kantor KPU Luwu Timur, Trans Puncak Indah Malili, Rabu (07/2019). Peserta kegiatan adalah partai politik peserta pemilu, pemerhati demokrasi hingga insan Pers dan LSM.

" Sesuai dengan amanat Undang-undang, setelah pesta demokrasi tanggal 17 April 2019 lalu sejatinya dilakukan evaluasi fasilitasi kampanye. Kekurangan dan kendala dalam masa kampanye lalu serta masukan dari para peserta pemilu lalu akan menjadi rekomendasi pemilu berikutnya. Yang terdekat adalah pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2020," tutur Zainal Ketua KPU Luwu Timur  dalam sesi pemaparan awal rapat evaluasi tersebut.

Selain itu, Zainal juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi bahan koreksi dan perbaikan bagi penyelenggaraan pemilihan umum yang lebih baik di waktu mendatang.

Evaluasi fasilitasi kampanye ini juga menghadirkan ketua Bawaslu Luwu Timur, Rahman Atja, sebagai pemateri. Rahman membeberkan jumlah pelanggaran dalam masa kampanye termasuk penyelesaian sengjeta pemilu hingga ke Mahkamah Konstitusi. " Kami mengapresiasi meningkatnya pengawasan pemilu oleh stakeholders untuk menumbuhkan pemilu yang berkualitas dan bermartabat," tandas Rahman.

Di lain pihak, Kepala Bagian Pemerintahan yang mewakili pemkab Luwu Timur, Senfry Octovianus menjelaskan regulasi terkait tata cara pemasangan alat peraga kampanye di titik yang telah ditentukan.

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan Polres Luwu Timur, Kejaksaan Negeri Luwu Timur, Camat, anggota PPK , PPS dan perwakilan partai politik. (LT/ACS).

 

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter