KPU Lutim Gelar Lomba Penulisan Esai Dan Debat Bagi Pemilih Pemula

By Redaksi 12 Apr 2018, 12:06:13 WITApilkada lutim

KPU Lutim Gelar Lomba Penulisan Esai Dan Debat Bagi Pemilih Pemula

Malili, Lutimterkini- Guna membangun kesadaran pelajar tentang pentingnya memilih pemimpin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur menggelar lomba penulisan esai dan debat bagi kalangan pemilih pemula. " Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kapasitas pendidikan politik pelajar serta sebagai ajang artikulasi pendapat dan pemikiran pelajar terhadap pemilu dan demokrasi," ujar Muhammad Ayyub, komisioner KPU Luwu Timur divisi sosialisasi dan sumber daya manusia (SDM). 

Adapun waktu pelaksanaan kegiatan lomba penulisan esai dimulai dari tanggal 1 Februari- 31 Maret 2018. Selanjutnya karya esai yang masuk ke panitia akan diselksi oleh tim juri dari kalangan jurnalis, praktisi media dan profesional. " Sepuluh karya Esai terbaik akan dipaparkan masing-masing tim peserta dan selanjutnya akan diseleksi lagi menjadi lima naskah terbaik. Di babak final akan diadakan debat tentang pemilu bagi 5 finalis yang ditetapkan dewan juri," sambung Ayyub. 

Pelaksanaan debat lima finalis dijadwalkan berlangsung pada 25 April mendatang. Tim/ peserta yang menjadi juara pertama akan mengikuti babak final di ajang yang sama untuk tingkat propinsi bertetapan dengan hari pendidikan nasional, 2 Mei 2018 mendatang. 

" Kualitas sebuah pemilu salah satunya ditentukan oleh tingkat partispasi masyarakat. Pemilih pemula adalah salah satu segmen pemilih yang sangat menentukan tingkat partispasi pemilih di Luwu Timur," beber Ayyub. 

Di Luwu Timur, jumlah pemilih pemula mencapai 15.263 pemilih (7, 57%) dari total jumlah daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) 201.532 Pemilih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Sulawesi-Selatan tahun 2018. (LT/ACS).  

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

Semua Komentar

Tulis Komenter