Lutim Rawan Banjir, Ini Saran Irjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

By Redaksi 10 Jun 2019, 11:21:49 WITADaerah

Lutim Rawan Banjir, Ini Saran Irjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Malili, Lutimterkini- Musibah banjir kembali melanda sejumlah kecamatan di Luwu Timur dalam 3 bulan terakhir. Banjir yang mrendam pemukiman serta merusak lahan pertanian, perkebunan dan pertambakan itu, jelas berdampak pada kerugian masyarakat. Aktivitas masyarakat terganggu serta lumpuhnya sarana transportasi di daerah terdampak banjir, menjadi bengkalai yang harus dipikirkan pemerintah dan komponen lainnya di Bumi Batara Guru kabupaten Luwu Timur.

Perihal musibah banjir yang rentan terjadi di Luwu Timur, Inspektur Jenderal Kementetian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Ilyas Assad, kepada Lutimterkini.com, Minggu (07/06/2019) memberikan solusi untuk mengatasi dan mencegah banjir.

Menurut Ilyas yang juga putra daerah Luwu Timur ini, pemerintah dan seluruh komponen masyarakat perlu mengidentifikasi penyebab banjir. Selain itu, perlu dilakukan review kebijakan pemanfaatan ruang serta pelaksanaan pemanfaatan ruang di Luwu Timur.

“ Hal lain yang perlu dilakukan adalah kajian lingkungan hidup strategis yang memperhitungkan daya tampung daya dukung lingkungan, penyusunan penanganan pasca banjir secara komprehensif.” Beber Ilyas.

Lebih lanjut Ilyas Assad menguraikan langkah lain yang perlu dilakukan adalah perhatian serius terhadap daerah tangkapan air (catchment area) serta ruang terbuka hijau serta perlunya penyusunan penanganan daerah aliran sungai (DAS) terpadu seperti sungai Malili. (LT/ACS).

 

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter