Minimalisir Banjir , DAS Ussu Akan Dinormalisasi

By Redaksi 13 Jun 2019, 08:14:29 WITADaerah

Minimalisir Banjir , DAS Ussu Akan Dinormalisasi

Malili, Lutimterkini- Dinas Pekerjaan umum dan Perumahan (PUPR) Luwu Timur berencana melakukan normalisasi daerah aliran sungai (DAS) Ussu kecamatan Malili, sebagai salah satu solusi mengurangi banjir yang kerap terjadi. Rencana itu dikemukakan kepala bidang sumber daya air (SDA) dinas PUPR Luwu Timur, Andi Juana kepada Lutimterkini.com, Kamis (13/06/2019).

 

" Untuk tahap awal kami koordinasi dengan pemerintah desa Ussu untuk menginvestigasi sekaligus menyisir Sungai Ussu. Dari sini akan kami petakan bagian mana saja yang menjadi prioritas pengerukan (normalisasi) guna meminimalisir banjir," tandas Juana.

 

Hal senada juga diutarakan kepala desa Ussu Rahmat, yang mengungkapkan upaya normalisasi bisa dilakukan secepat mungkin dalam mengurangi banjir di daerahnya. khususnya di perumahan Batara Guru. " Panjang total bantaran Sungai Ussu yang perlu dinormalisasi sekitar 2 KM itu bagian kiri dan kanan sungai. Sementara terdapat 400 meter DAS yang saat ini tertutup tanah dan itu harus segera dibuka kembali." ujar Rahmat.

 

Dia menyatakan aliran sungai yang tertimbun tanah ini disebabkan adanya warga yang membuat kolam. Dia sudah menyampaikan hal ini kepada warganya tersebut dan segera dilakukan penggalian kembali untuk menyingkirkan timbunan tanah agar bisa memperlancar aliran air. (LT/ACS).

 

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter