Pemilihan Legislatif 2019, Belum Ada Parpol Yang Daftar Bacaleg di KPU Lutim

By Redaksi 13 Jul 2018, 08:52:45 WITAPolitik

Pemilihan Legislatif 2019,  Belum Ada Parpol  Yang Daftar Bacaleg di KPU Lutim

Malili, Lutimterkini- Sejak dibukanya pendaftaran bakal calon legislatif tertanggal 4 Juli 2018 lalu, Komisi pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur menyatakan belum ada satupun partai politik yang mendaftarkan bakal calon legislatifnya. “ Iya seharusnya partai politik memasukkan berkas pendaftarannya di sistem informasi pencalonan (Silon), namun hingga H-4 penutupan pendaftaran belum satupun parpol yang mensubmit sitem tersebut,” ujar Adam Safar, komisioner KPU Luwu Timur bidang teknis dan logistik kepada Lutimterkini.com, Jumat (13/07/2018).

  “Sampai saat ini, kami belum menerima syarat pengajuan bakal calon dan persyaratan bakal calon anggota DPRD Luwu Timur untuk Pileg 2019. Memang sudah ada partai politik datang, akan tetapi hanya sekadar konsultasi,” lanjut Adam.

Komisoner KPU Luwu Timur yang baru dilantik ini melanjutkan, konsultasi parpol lebih banyak berkenaan dengan sistem informasi pencalonan (silon). Selain itu juga menyangkut beberapa hal terkait kelengkapan dokumen pendaftaran.  Sesuai ketentuan,  yang diserahkan tidak hanya hardcopy, tetapi juga soft copy.

“Kami  (Komisi pemilihan umum) Luwu Timur memberikan penjelasan dengan sejelas-jelasnya hingga nantinya tidak ada kesalahan atau kekeliruan penafsiran. Untuk pendftaran hari terakhir, 17 Juli 2017 sampai dengan pukul 24.00 Wita,” ujarnya.

Komisi pemilihan umum Luwu Timur berharap partai politik dapat segera menyerahkan persyaratan pengajuan bakal calon, dengan harapan apabila ada kekurangan dapat segera dilengkapi. Meski pun, ada waktu untuk melakukan perbaikan mulai 22 -31 Juli 2018. “Jangan mepet hari akhir, karena dapat lebih leluasa melakukan perbaikan, apabila hasil verifikasi ditemukan kekurangan,” imbuhnya. (LT/ACS).

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter