Pengumuman Caleg Terpilih Ditunda, KPU Lutim Tunggu Putusan MK

By Redaksi 10 Jun 2019, 10:51:08 WITApilkada lutim

Pengumuman Caleg Terpilih Ditunda, KPU Lutim Tunggu Putusan MK

Malili, Lutimterkini- Pengumuman calon anggota legislatif (caleg ) terpilih kabupaten Luwu Timur hasil pemilu 17 April 2019 dipastikan tertunda. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur menunggu keputusan persidangan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Makhkamah Konstitusi.

 

Komisioner KPU Luwu Timur divisi hukum dan pengawasan, Adam Safar, kepada Lutimterkini.com, Senin (10.06/2019) menjelaskan pendaftaran gugatan atau sengketa pemilu untuk legislatif dan DPD di MK akan dibuka mulai tanggal 1 Juli 2019 mendatang.

 

“ Kalau untuk Pilpres akan diputuskan paling lambat tanggal 1 Juli, setelah itu menyusul gugatan sengketa pileg dan DPD yang dimasukkan dalam buku registrasi perkara konstitusi di MK. Kabupaten/ kota yang yang tidak ada terdapat sengketa di MK bisa melakukan pleno penetapan caleg terpilh sebelum tanggal 4 Juli,” tandas Adam.

 

Dia menuturkan, penetapan caleg terpilh di Luwu Timur kemungkinan baru akan dilakukan paling lambat tanggal 1 Agustus mendatang karena adanya gugatan yang dilayangkan partai Demokrat.

 

Menurut dia, partai Demokrat kabupaten Luwu Timur mengajukan gugatan ke MK terkait prosedur dan pelanggaran administrasi penyelenggara pemilu (KPU dan Bawsalu).

 

“ Jadi pleno penetapan caleg terpilih kami menunggu keputusan MK. Kami (KPU) juga tentu menyiapkan data untuk menghadapi gugatan tersebut,” pungkas Adam. (LT/ACS).

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter