Pompessi Luwu Wakili Tana Luwu Dalam Pameran Keris di Jakarta

By Redaksi 11 Agu 2015, 13:26:44 WITASeni & Budaya

Pompessi Luwu Wakili Tana Luwu Dalam Pameran Keris di Jakarta

Malili, Lutimterkini.com – Sebagai salah satu lembaga yang bergerak dalam pelestarian budaya besi dan pusaka, Pompessi Luwu diundang oleh bentara budaya Jakarta (BBJ) untuk berpartisipasi dalam pameran keris dan senjata pusaka bahari yang dilaksanakan di Gedung Bentara Budaya Jakarta yang rencananya berlangsung pada tanggal 12 -  16 Agustus 2015 mendatang.

Rencannya acara tersebut akan langsung dibuka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI. Selain memamerkan pusaka-pusaka bahari dari Sumatera, Bugis Sulawesi dan Cirebon ini juga akan dilaksanakan sarasehan keris yang bertajuk Sarasehan Baharai Dalam Pamor Bugis.

Dr. Ahmad Ubbe direncanakan akan menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan ini pula Ketua The Bugis Makassar Polobessi Club (TBMPC).

Indra Wijaya, selaku Ketua Pompessi Luwu, Selasa (11/08/2015) mengatakan kehadiran Pompessi mewakili Tana Luwu karena adanya undangan khusus oleh Tim BBJ yang berkunjung ke Kabupaten Luwu Timur

“ Kita menyertakan sekitar 30 benda pusaka yang terdiri dari jenis keris, badik, ponai, mata tompak, pisau dan kampak kuno.” Ujar Indra

Dia menambahkan atas permintaan panitia pameran, Pompessi Luwu juga mengikut sertakan beberapa lemme atau benda pusaka yang didapat dikedalaman Danau Matano dan gua-gua yang berada di seputaran Luwu Timur.

Sementara itu,  Direktur Eksekutif Bentara Budaya, Hariadi Saptono menceritaka ketika dirinya bersama tim memulai kajian terhadap pusaka bugis khusunya pusaka tana luwu dan mendatangi Luwu Timur untuk langsung melakukan penelusuran jejak besi pusaka luwu.

“  Saat menginjakkan kaki di Sorowako, Luwu Timur dan berdiskusi sejenak dengan beberapa pemuda yang memiliki kepedulian terhadap pusaka dan budaya luwu, kami langsung mengambil kesimpulan bahwa daerah ini awalnya adalah Negara besar.” Ujar pria berambut Gondrong ini

Menurutnya,  kehadiran Pompessi Luwu sangat strategis sebagai salah satu kekuatan yang membuat besi luwu akan kembali dikenal oleh dunia luar.

“ Alangkah baiknya kalau pemerintah daerah dan seluruh pihak bersama-sama dengan para pemuda ini melestarikan salah satu budaya dan peradaban luwu yang sudah dikenal dimana-mana ini.” Imbuhnya.

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter