Serapan APBD Luwu Timur Semester Pertama Baru 22, 8 %, Ini Rinciannya

By Redaksi 25 Jun 2019, 13:13:24 WITADaerah

Serapan  APBD Luwu Timur  Semester Pertama  Baru 22, 8 %, Ini Rinciannya

Malili, Lutimterkini- Hingga pertengahan tahun ini (semester) pertama daya serap anggaran pemerintah kabupaten Luwu Timur tergolong terbilang masih rendah. Hal ini ditengarai akibat belum maksimalnya kegiatan proyek fisik yang sementara dalam tahap pelelengan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan daerah Luwu Timur, Ramadhan Pirade, kepada Lutimterkini.com, Selasa (25/08/2019) mengungkapkan realisasi daya serap APBD Luwu Timur per tangga 24 Juni 2019 baru mencapai 22, 82 Persen atau kurang lebih sebesar Rp 368 Miliar. Besaran APBD Luwu Timur tahun 2019 sebesar 1,6 Triliun.

Belum maksimalnya serapan anggaran ini menurut Ramadhan, disebabkan kegiatan-kegiatan fisik yang banyak menyerap anggaran, masih dalam proses pelelangan.

Dia mencontohkan, dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) misalnya daya serap anggarannya baru sekitar 3,61 persen atau sebesar Rp. 8,5 Miliar. Total alokasi anggaran di PUPR tahun ini sebesar Rp 263 Miliar.

OPD lainnya yang memiliki anggaran yang cukup besar seperti Dinas Pendidikan, daya serapnya mencapai 29,7 persen atau setara dengan Rp. 96 Miliar dari Rp. 323 Miliar yang dialokasikan dalam APBD tahun ini.

Sementara, Dinas Kesehatan serapan anggaran hingga semester pertama mencapai 31,3 persen atau sebesar Rp. 62,5 Miliar dari alokasi anggaran sebesar 199 Miliar. " daya serap dari kedua OPD ini (Pendidikan dan Kesehatan) termasuk pembayaran gaji pegawai, guru dan tenaga medis.

OPD yang paling tinggi serapan anggarannya adalah kecamatan Burau yang mencapai 44 persen. " Untuk daya serap semester awal ini, seluruh kecamatan rata-rata mencapai 40 persen. Hal ini dikarenakan berjalannya kegiatan-kegiatan rutin dan pembiayaan yang bersifat koordinatif dan konsultatif saja," bebernya.

" Sesuai arahan pimpinan, para OPD diharapkan menyerahkan laporan pertanggungjawaban  dan pelaksanaan kegiatan dimaksimalkan dalam rangka penyerapan APBD kita," imbuh Ramadhan. (LT/ACS).

l

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter