Warga Pemberdayaan Protes Rekruitmen Karyawan Kontraktor Vale, Ini Tuntutannya

By Redaksi 02 Agu 2019, 08:16:54 WITADaerah

Warga Pemberdayaan Protes Rekruitmen Karyawan Kontraktor Vale, Ini Tuntutannya

Malili, Lutimterkini- Elemen warga di 3 kecamatan wilayah pemberdayaan PT. Vale Indonesia, Tbk meliputi Malili, Wasuponda dan Sorowako, menggelar aksi unjuk rasa. Aksi ini belangsung sejal pukul 06.00 wita, Jumat (02/08/2019) di 3 titik berbeda. Massa memprotes rekruitmen tenaga kerja (karyawan) yang dilakukan kontraktor PT. Vale

Pantauan Lutimterkini,com di lokasi demonstrasi yang di pusatkan di  Jalan By Pass Malili, pengunjuk rasa  mencegat seluruh armada dan kendaraan PT. Vale yang melintas di tempat itu. Massa juga berorasi secara bergantian sembari menyampaikan sejumlah poin tuntutan kepada perusahaan Pertambangan Nikel yang beroperasi di Luwu Timu ini.

Koordinator aksi dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan Malili (LPML) Luwu Timur, Hasruddin, menuturkan mereka akan menggelar aksi demonstrasi selama  4 hari (2-5 Agustus)  hingga tuntutan mereka diakomodir pihak perusahaan.

Sejumlah poin tuntutan yang disuarakan :

1. Meminta kepada pihak PT. Vale TBk Indonesia dan Disnaker Trans Luwu Timur untuk untuk transpran dan profesional dalam proses rekruitmen tenaga kerja yang dilakukan oleh 3 kontraktor ( PT. Sawerigading Utama, PT. Maju Jaya, PT Sinar Kasih).

2. Adanya materi tes yang diujikan tidak sesuai dengan skill yang dicantumkan oleh pihak PT. Vale (PT. Sawerigading Utama, PT. Maju Jaya, PT. Sinar Kasih).

3. Penentuan lulus dan tidak lulus harus berdasarkan akumulasi tes tertulis dan tes praktek lapangan yang dujikan dari pihak PT. Vale (Ketiga kontraktor).

4. Masyarakat kecamatan Malili agar penerimaan tenaga kerja mengutamakan 4 wilayah pemberdayaan PT. Vale dalam hal ini 9 desa wilayah pemberdayaan PT. Vale di kecamatan Malili. (LT/ACS).

           
Tulis Komentar di Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Semua Komentar

Tulis Komenter